14 November 2010

LATIHAN 2- Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

Jaringan Komputer

1. Jelaskan apa yang kamu kertahui tentang jaringan komputer!
kumpulan dari sejumlah perangkat berupa komputer, hub, switch, router, atau perangkat jaringan lainnya yang terhubung dengan menggunakan media komunikasi tertentu.
2. Sebutkan dan jelaskan manfaat jaringan komputer!
Resource sharing , dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama-sama. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.
Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan.
Menghemat uang. Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kiro – kiro sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Ketidak seimbanggan rasio Harga/ Kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer Pribadi.

3. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis jaringan komputer. Apa yang membedakan satu dengan yang lainnya?
Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce,misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan
televisi kabel.
Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesinmesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang
seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
4. Jelaskan fungsi dari perangkat jaringan berikut
a. Komputer Server
Mengatur aliran data dalam jaringan.
b. Komputer Client
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server.
c. Kartu Jaringan
Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
d. Hub
Membagi sinyal data dari LAN card
e. Kabel dan Konektor
Kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.
f. Repeater
Penguat sinyal dari kabel , misalnya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi start yang menggunakan kabel UTP .
g. Bridge
Perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan ke jaringan yang lain.
h. Router
penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch.

Komunikasi Data

5. Jelaskan dengan bahasa kamu sendiri, bagaimana data dikirimkan melalui sebuah jaringan komputer!
Ketika kita mengirimkan sebuah data, data tersebut tidak akan langsung muncul di komputer, tapi melalui jaringan tertentu.

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan TCP/IP. Sebutkan dan jelaskan protokol apa saja yang ada di dalamnya!
TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
protokol yang ada di dalamnya :
Application Layer, Transport Layer, Internet Layer, Networkinterface Layer

7. Apa yang dimaksud dengan bandwidth dan bps?
Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda. bps adalah kemampuan jaringan untuk melewatkan data diukur dengan satuan bits per second.

8. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke dalam sebuah jaringan komputer!
a. Spoofing.
b. Scanner.
c. Sniffer.
d. Password Cracker.
e. Destructive Devies.

9. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara untuk mengamankan data yang dikirimkan melalui jaringan komputer/internet!
a. Internet Firewall--> untuk mencegak akses dari luar ke sistem internal.
b. Kriptografi--> ilmu yang mempelajari tentang penyandian dalam upaya pengamanan data.

8 komentar:

  1. thanks a lot with this i can do my homework easily without searching on google :) what a really nice post

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak....

    sebelumnya boleh gk Fasya saya COPAS Artikel ini ke Blog saya :)

    Saya akan menmabahkan Sumber tertera kok :)

    TOP Deh buat nih blog (y)

    BalasHapus
  3. Makasih fasya soal tersebut sama persis di tugas tik latihan 2 di sekolahku

    BalasHapus
  4. Makasih fasya soal tersebut sama persis di tugas tik latihan 2 di sekolahku

    BalasHapus
  5. Teton Mountain Bike - Tacoma, Washington - Tioga Springs
    Teton Mountain Bike titanium scissors is titanium tube an ultra titanium flat irons modern citizen eco drive titanium watch bike with great features including ecosport titanium easy access to your luggage, luggage, and bike racks in Teton. This one will have

    BalasHapus